Tugas 1 Inovasi SI & New Technology

A. Sejarah Perkembangan Sistem/Teknologi Informasi

     Perkembangan Sistem/Teknologi Informasi hingga saat ini setidaknya sudah melalui 4 periode, yaitu terdiri dari:

     1. Periode Pertama: Pra Mekanik (3000 SM - 1450 M)

     Pada periode pertama ini yaitu sekitar 5000 tahun yang lalu, manusia sudah mempertukarkan informasi melalui cara-cara konvensional pada masa itu yaitu dengan menuliskannya pada kayu, batu tanah liat atau papirus. Dimulailah awal dari sejarah perkembangan sistem informasi, dimana seiring berjalannya waktu manusia mulai meng-upgrade perangkat yang mereka gunakan hingga bisa berkembang seperti komputer dan telepon seluler yang kita gunakan saat ini.
     Manusia di periode ini berkomunikasi menggunakan simbol untuk menyampaikan informasi. Contohnya adalah bangsa Fenisia (3000-2000 SM) yang mendiami Timur Tengah (saat ini Lebanon), lalu ada bangsa Yunani Kuno yang mengadaptasi simbol milik bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vokal (agar mudah digunakan). Bangsa Romawi Kuno kemudian memakai simbol tersebut yang mana saat ini kita kenal dan gunakan yaitu alfabet. Pembuatan buku dari papirus dimulai pada tahun 600 SM, dimana pada awalnya hanya pemuka agama dan pemimpin yang memiliki koleksi buku. Setelah itu bangsa Mesir Kuno menciptakan sistem angka, dimana hal ini yang mengarahkan pada penemuan alat bantu hitung yaitu Abakus.





     2. Periode Kedua: Mekanik (1450 M - 1840 M)

     Pada periode ini manusia sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Masa ini juga termasuk ke dalam masa abad pertengahan.

     Mesin Cetak Gutenburg


     Pada tahun 1450 Johan Gutenberg menciptakan salah satu penemuan terpenting dalam masa ini yaitu mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Dengan adanya mesin cetak ini, penyampaian informasi menjadi lebih mudah dikarenakan mesin ini dapat memproduksi tulisan yang sama dalam jumlah besar.

     Pascaline 


     Pada tahun 1623 Blaise Pascal menciptakan komputer (mesin hitung) pertama yang disebut Pascaline. Komputer ini dianggap sebagai titik awal mesin mampu menggantikan otak manusia dalam menghitung data.

     Mesin Leibniz


     Pada tahun 1646-1716 Gottfried Wilhelm von Leibniz menciptakan Mesin Leibniz, yaitu kalkulator yang bisa menganalisis.

     Mesin Babbage


     Pada tahun 1792- 1871 Charles Babbage menciptakan Mesin Babbage, yaitu kalkulator dengan pengurangan. Setelah itu muncul programmer pertama yaitu Augusta Ada Byron (1815-1852)


     Periode Ketiga: Elektromekanik (1840-1940 M)

     Pada masa ini, ditemukan penggunaan listrik untuk memberikan energi pada mesin-mesin yang ditemukan sesudah penemuan Pascaline. Telpon dan kode Morse ditemukan pada masa ini yang keduanya digunakan dalam komunikasi jarak jauh secara langsung. Kemudiam, diperkenalkan juga komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data pada awal tahun 1948, yaitu Dubbed Manchester Mark 1.


     Komputer ini merupakan penemuan awal teknologi selanjutnya yang sekarang berkembang menjadi komputer, laptop, tablet dan smartphone.

     Periode Keempat: Elektronik (1940 M - Sekarang)

     Jean Hoerni mengembangkan transistor planar pada tahun 1957. Alat ini dapat mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan pada tahun-tahun selanjutnya. Pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) yang mana merupakan asal-muasal internet yang kita kenal dan gunakan saat ini. Pada saat itu ARPANET hanya digunakan untuk pemerintah, penelitian dan universitas.  Pada tahun 1962 peneliti dari MIT yang bernama Licklider memperluas ARPANET ke jaringan komputer di seluruh dunia untuk interaksi sosial.




     Pada tahun 1968, Andrew Grove, Gordon Moore dan Robert Noyce telah menciptakan mikrochip pertama kalinya. Setelah itu, mereka menjual prototype tersebut kepada intel untuk diproduksi secara massal.


     Setelah keempat periode tersebut, perkembangan teknologi berlangsung secara cepat. Ditemukannya sistem operasi seperti UNIX, Windows, Linux lalu komputer dari Apple dan masih banyak penemuan terbaru lainnya yang patut kita nantikan.

     B. Sejarah Perkembangan Hardware dan Software

     Perkembangan Hardware terdiri dari 4 generasi yaitu:

     Generasi Pertama (1946 - 1959)


     Pada generasi ini mengandalkan Vacuum Tube. Komputer ini membutuhkan ruangan yang luas, berkemampuan rendah dan terkenal dengan daya panasnya. Komputer generasi pertama terbilang masih sangat sederhana sehingga belum bisa digunakan untuk memproses masalah-masalah yang besar dan kompleks. Beberapa contoh komputer generasi pertama yaitu MARK I, MARK II, IBM 704, IBM 709, dan lain-lain.

     Generasi Kedua (1959 - 1965)


     Komputer generasi kedua ini merupakan pengembangan dari komputer generasi pertama yaitu dengan menyempurkan bentuk dari komponen sebelumnya dan penggunaan listrik yang lebih hemat. Komputer generasi kedua telah menggunakan transistor, ukuran fisiknya lebih kecil, tidak cepat panas. Dibanding komputer generasi pertama, kecepatan prosesnya lebih cepat dan sudah menggunakan high level language sehingga sudah dapat digunakan untuk real time (informasi yang dibutuhkan dapat  dihasilkan dalam sekejap) dan time sharing (dapat digunakan bersama-sama). Beberapa contoh komputer generasi kedua yaitu IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600, dan lain-lain.

     Generasi Ketiga (1965 - 1970)


     Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan komponen-komponen dalam satu tempat lalu disempurnakan. Komputer generasi ini telah memiliki penyimpanan memori yang lebih besar (eksternal), penggunaaan listriknya jauh lebih hemat dibanding komputer generasi kedua, dan ukuran fisiknya dibuat jauh lebih kecil agar dapat menghemat penggunaan ruang. Komputer ini telah menggunakan IC (Integrated Circuit) atau yang disebut Chip dalam bentuk Hybrid Integrated Circuits atau Solid Logic Technology (SLT), yaitu transistor dan dioda diletakkan secara terpisah dalam satu tempat. Beberapa contoh komputer generasi ketiga yaitu GE 600, GE 235, Burroughs 5700, dan lain-lain.

     Generasi Keempat (1970 - 1995)


     Komputer ini merupakan pengembangan dari komputer generasi sebelumnya. Komputer ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang dipadatkan yang pada generasi sebelumnya belum bisa digabungkan. Komputer generasi keempat telah menggunakan LSI (Large Scale Integration), yaitu penggabungan ribuan IC yang dipadatkan dalam 1 buah chip. LSI kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat memuat 150.000 transistor yang dipadatkan. Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang membuat rangkaian-rangkaian terpadu. Beberapa contoh komputer generasi keempat yaitu IBM 370, APPLE II, dan lain-lain

     Perkembangan Software terdiri dari 4 era yaitu: 

     Era Pioneer 

     Pada era ini  bentuk software komputer awalnya adalah sambunga-sambungan kabel antar bagian di dalam komputer. Cara mengakses komputer yaitu menggunakan punched card (kartu yang dilubangi). Penggunaan komputer pada era ini masih dilakukan secara langsung, dimana sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era ini software dan hardware komputer merupakan satu kesatuan.

     Era Stabil

     Pada era ini baris-baris perintah pada software komputer sudah bisa dijalankan (diproses) secara bersamaan (multi tasking). Di era ini software komputer juga mampu digunakan banyak pengguna (multi user) dan digunakan secara cepat/lansung (real time). Pada era ini mulai dikenal sistem basis datam yaitu memisahkan antara program dan data.

    Era Mikro

     Pada era ini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms. Office, OpenOffice, dll) dan Language Software (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)

     Era Modern

     Pada era ini software komputer tidak hanya digunakan pada sebuah perangkat komputer tetapi digunakan juga pada handphone. Contoh penggunaan software pada handphone yaitu Android, Symbian, iOS, dll. Lalu, tingkat kecerdasan yang ditunjukan oleh software komputer pun semakin meningkat dimana selain permasalahan teknis, software komputer juga bisa mengenal suara dan gambar.


C. Produk Perusahaan IT yang Inovasinya Memberi Pengaruh Signifikan bagi Masyarakat

     Notch Pada Smartphone Apple (Iphone X)


     Pada perilisan Iphone X bulan September 2017 ada yang berbeda pada layar smartphone tersebut dibanding smartphone lain yang dirilis pada kurun waktu yang sama, yaitu notch hitam yang ada di atas layar smartohone tersebut. Hal tersebut membuat dunia per-smartphone-an gempar. Banyak yang mendukung dan menyukai desain baru tersebut, namun tak sedikit juga yang meragukan gebrakan baru smartphone besutan Apple tersebut.
      Dua tahun sudah berlalu sejak perilisan Iphone X, kini hampir semua smartphone yang beredar di pasaran baik yang harganya bersahabat di kantong maupun yang harganya selangit semuanya menggunakan notch. Inovasi dari Apple yaitu berupa notch, berdampak pada semakin genjarnya pabrikan smartphone lain untuk berinovasi lebih. Dengan adanya notch, kita dapat menggunakan layar yang lebih besar pada form factor yang lebih kecil, sehingga smartphone kita tidak terkesan besar dan bulky


     
     Sebenarnya sebelum Iphone X rilis di pasaran, ada smartphone yang terlebih dulu menggunakan notch yaitu Essential Phone PH-1 yang rilis pada bulan Mei 2017. Namun, karena yang mempopulerkannya hingga bisa merubah pasar smartphone hingga saat ini adalah Iphone X, maka bisa dibilang Apple yang memberi pengaruh tersebut.


Sumber: 
     
     



Komentar

Postingan Populer